Selasa, 07 Mei 2013

INSTALASI DUAL BOOT DENGAN WINDOWS 7 DAN XP


CARA SETUP INSTALASI DUAL BOOT DENGAN WINDOWS 7 DAN XP


Kali ini kiat akan nembahas tentang menginstall dual booting dengan menggunakan windows 7 dan windows xp dalam satu hardisk satu PC (komputer).  Baik jika telah menginstall Windows 7 terlebih dahulu.
Dual boot,dimana anda memiliki dua sistem operasi sekaligus dan ketikan anda memulaui komputer anda akan adam dua pilihan (windows 7 atau XP).
Sebelum anda melakukan proses instalasi sebaiknya dilakukan perhitungan terlebih dahulu berapa kapasitas partisi hardisk yang akan digunakan untuk windows 7,  partisi hardisk untuk windows XP, dan  partisi hardisk untuk hal lain-lain(misalanya untuk data).

Step 1
Lakukan Instalasi Windows 7 di hardisk komputer anda, dan dari proses instalasi ini dapat ditentukan jumlah dan bagian partisi-partisi Operating System serta media data yang diinginkan. Untuk instalasi Windows 7 tidak kita bahas disini.

Step 2
Lakukan Instalasi Windows XP, dan lakukan proses intalasi pada partisi dibawah dari partisi untuk windows 7 yang sudah kita instalkan. Untuk instalasi windows XP juga tidak kita bahas disini.



Step 3
Setelah kita melakukan instalasi windows Xp di salah satu partisi, mungkin instalasi windows 7 yang kita instal terlebih dahulu tidak tampil pada booting pemilihan OS. Alias Error loading Operating System setelah restart Windows X. Lakuakan langkah-langkah pengerjeaan berikut ini:
1. Masukkan kembali Disc instalasi Windows 7 ke DVD ROM kita.
2. Lakukan boot command prompt, jika tidak tampil, tekan tekan Shift+F10 pada saat tampil gambar kurang lebih seperti berikut ini:






3.Ketikkan pada command prompt teks berikut dan enter pada masing-masing baris:
>bootrec / fixmbr
>bootrec / fixboot
>bootrec / RebuildBcd
4. Keluar dari command prompt dan lakukan restart.

Step 4
Jika tampilan pemilinhan OS pada saat booting belum tampil atau terbalik lagi yang Windows 7 tampil sebagai Operating System sementara Windows XP-nya tidak tampil dan tidak bisa digunakan. Baiklah lakukan Instalasi BSD pada Sistem Operasi Windows  7.
1. Download File installer Easy BSC di http://www.softpedia.com/dyn-postdownload.php?p=45820&t=4&i=1  atau http://www.softpedia.com/dyn-postdownload.php?p=45820&t=4&i=1

2.Lakukan instalasi program EasyBCD
3. Jalankan Program EasyBCD, Di sisi kiri EasyBCD, klik tombol Add New Entry.
4. Pada bagian atas bawah Sistem Operasi, klik pada tab Windows.
5. Di sebelah kanan Type, pilih Windows NT/2k/XP/2k3 dari menu drop down.
6. Di sebelah kanan Nama, Anda dapat meninggalkan default Microsoft Windows XP sebagai nama yang akan ditampilkan dalam Windows Boot Manager, atau Anda dapat mengetik nama apapun yang Anda ingin memiliki sebagai gantinya.
7. Klik pada tombol Entri Add. (lihat gambar dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi komputer anda)


8. Di sisi kiri EasyBCD, klik pada tombol Deployment BCD, pada partion list partisi tempat instalab windows XP, dan pilih option Install Windows XP bootloader ke pilihan MBR, dan klik pada tombol MBR Write.


(gambar yang ada harap disesuaikan dengan kondisi yang ada,mainkan medan perang nya bro..!!!)

9. Lakukan Restart dan Lihat Pada Booting Pilih OS yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar