LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Oleh:
ANGGIE TRIAMSIH
Kompetensi Keahlian Multimedia
SMK Taruna Bhakti
JL. Raya Pekapuran Kel.Curug
Kec.Cimanggis Kota Depok
Telp.(021) 8744810
Web site:http://www.smktarunabhakti.net
Telp.(021) 8744810
Web site:http://www.smktarunabhakti.net
DAFTAR
ISI
Lembar
Motto…………………………………………………………………….3
Lembar
Kata Pengantar…………………………………………………………...4
BAB I PENDHULUAN
BAB I PENDHULUAN
A. Manfaat
Kunjungan Industri………………………………………………5
B.
Manfaat
Dari Diadakannya Kunjungan Industri.........................................5
BAB II
A.
Sejarah
Berdirinya Universitas Bina Nusantara........................................6
B.
Program
Kuliah Universitas Bina Nusantara.............................................7
BAB III
A.
XL
Xplor...................................................................................................11
B.
Sejarah
XL Axiata....................................................................................11
C.
Sosial
Media.............................................................................................11
D.
Perkembangan
Sosial Media....................................................................12
E.
Dampak
Negatif Sosial
Media.................................................................13
MOTTO
Jangan pernah menyerah pada kesulitan yang terjadi
pada hidup ini, karena di balik kesusahan pasti ada keberhasilan.
Jadilah diri sendiri dan jadikan suatu komentar
sebagai motifasi diri untuk lebih baik dari sebelumnya.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas segala petunjuk dan
Karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyusun Laporan Hasil Kunjungan Industiri.
Tersusun laporan ini berdasarkan
hasil Hasil Kunjungan Industri yang telah penulis laksanakan di XL Xplor dan Di
Universitas Bina Nusantara Pada tanggal 22 February 2012.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penulis
pada khususnya. Penulis menyadari bahwa laporan hasil prakerin ini masih banyak
kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan
saran demi kesempurnaan laporan ini.
Depok,
26 Februari 2013.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Manfaat
kunjungan industri
Manfaat yang
dapat di peroleh dari di adakannya kunjungan industri adalah sebagai berikut:
1)
Agar
dapat menjalin kerjasama antara pihak sekolah dan suatu perusahaan.
2) Siswa
menjadi tahu bagaimana dunia kerja di luar sana.
B. Manfaat
dari diadakannya Kunjungan Industri
1) Menambah
pengetahuan serta wawasan bagi para siswa/siswi SMK Taruna Bhakti.
2) Menambah
pengalaman bagi siswa/siswi SMK Taruna Bhakti.
BAB II
A.Sejarah
Berdirinya Universitas Bina Nusantara.
Universitas Bina Nusantara pada awalnya berasal dari sebuah
institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang
didirikan pada 21 Oktober 1974.[2] Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course
kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan manajemen informatika
dan teknik informatika. Tiga tahun kemudian pada 13 Juli 1984 ATK
mendapatkan status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta. Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka
kursus di bidang komputerisasi akuntansi. AMIK mulai
menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.
Berkat manajemen yang handal, komitmen
pada pengembangan mutu pendidikan komputer, dan keberhasilan lulusannya disunia
kerja, BINUS berhasil menjadi pusat pendidikan komputer terpercaya diIndonesia.
Dengan dukungan akademisi berkualitas, BINUS bertransformasi menjadi BINUS
UNIVERSITY.
Pada tahun 2001, Bins University mendirikan Binus Internatioanl, perguruan tinggi nasional dengan kurikulum yang sejajar dengan pendidikan internasional.
Pada tahun 2008, Binus University menghadirkan progam pascasarjana ilmu komputer. Saat ini, Universitas Bina Nusantara memiliki program pendidikan: Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Humaniora, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen (Sekolah Bisnis), dan Doktor Riset Manajemen.
Pada tahun 2001, Bins University mendirikan Binus Internatioanl, perguruan tinggi nasional dengan kurikulum yang sejajar dengan pendidikan internasional.
Pada tahun 2008, Binus University menghadirkan progam pascasarjana ilmu komputer. Saat ini, Universitas Bina Nusantara memiliki program pendidikan: Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Humaniora, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen (Sekolah Bisnis), dan Doktor Riset Manajemen.
1)
Visi Dn Misi Universitas Bina Nusantara
a) Visi
A World-class University...
in continous pursuit of innovation and enterprise
A World-class University...
in continous pursuit of innovation and enterprise
b) Misi
Contribute to the global community through the provision of world-class education by:
-Creating outstanding leaders for global community.
-improving the quality of life of Indonesians and the international community.
Contribute to the global community through the provision of world-class education by:
-Creating outstanding leaders for global community.
-improving the quality of life of Indonesians and the international community.
B.Program Kuliah
Universitas Bina Nusantara memiliki
tiga jenis program kuliah, yaitu program reguler, internasional, dan secara
daring
a)
Program
kuliah reguler
Terdapat 3 tingkatan program kuliah
reguler yang disediakan oleh Universitas Bina Nusantara yang terdiri atas
tingkat sarjana, magister
dan doktor.
Universitas Bina Nusantara
menawarkan perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana
mahasiswa akan memperoleh dua gelar sarjana
dari sekolah atau fakultas yang berbeda. Tingkat sarjana memiliki 3 fakultas
dan 4 sekolah.
c) Program kuliah satu gelar
- Fakultas Ekonomi dan Komunikasi
- Akuntansi
- Keuangan
- Manajemen Hotel (D4)
- Komunikasi Pemasaran
- Fakultas Teknik
- Arsitektur
- Teknik Sipil
- Teknik Komputer
- Teknik Industri
- Sekolah Ilmu Komputer
- Teknik Informatika
- Teknologi dan Aplikasi
Permainan
(Game Application and Technology) - Teknologi dan Aplikasi
Bergerak
(Mobile Application and Technology)
- Sekolah Desain
- Desain Komunikasi Visual
Animasi
- Desain Komunikasi Visual
Periklanan Kreatif
- Desain Komunikasi Visual Media
Baru
- Desain Interior
- Sekolah Sistem
Informasi
- Sistem Informasi
- Komputerisasi Akuntansi
- Sistem Informasi Audit
- Fakultas Humaniora
- Hukum Bisnis
- Hubungan Internasional
- Psikologi
- Sastra Cina
- Sastra Inggris
- Sastra Jepang
d) Program kuliah ganda
- Teknik Informatika dan
Matematika
- Teknik Informatika dan
Statistika
- Teknik Industri dan Manajemen
- Sistem Informasi dan Akuntansi
- Sistem Informasi dan Manajemen
- Sistem
Informasi dan Teknik Industri
e)
Master Track
Program
Binus University memiliki program akselerasi Master Track Program yang memungkinkan mahasiswa yang ingin langsung melanjutkan ke jenjang S2 untuk menyelesaikan pendidikann S1 dan S2 seklaigus dalam waktu 5 tahun.
Binus University memiliki program akselerasi Master Track Program yang memungkinkan mahasiswa yang ingin langsung melanjutkan ke jenjang S2 untuk menyelesaikan pendidikann S1 dan S2 seklaigus dalam waktu 5 tahun.
f)
Binus Graduate
Program
program pascasarjana di bidang ilmu computer yang menitikberatkan bobot perkuliahan pada bidang teknoligi informasi dengan diimbangi pembenntukan pola berfikir strategis dan analitis melalui komposisi meteri pembelajaran akademik, praktik, dan case based problem solving.
program pascasarjana di bidang ilmu computer yang menitikberatkan bobot perkuliahan pada bidang teknoligi informasi dengan diimbangi pembenntukan pola berfikir strategis dan analitis melalui komposisi meteri pembelajaran akademik, praktik, dan case based problem solving.
g)
Binus Business
School
Diprogram ini mahasiswa dapat memilih program magister yang sesuia dengang minat dan pilihan karir mahasiswa seperti bisnis, manajemen, keuangan, dan marketing.
Diprogram ini mahasiswa dapat memilih program magister yang sesuia dengang minat dan pilihan karir mahasiswa seperti bisnis, manajemen, keuangan, dan marketing.
h)
Himpunan
mahasiswa jurusan
Berikut ini adalah daftar himpunan
mahasiswa jurusan yang ada di Universitas Bina Nusantara:
- HIMPSIKO (Himpunan Mahasiswa
Psikologi)
- HIMA (Himpunan Mahasiswa
Akuntansi)
- HIMANDA (Himpunan Mahasiswa
Sastra Mandarin)
- HIMARS (Himpunan Mahasiswa
Arsitektur)
- HIMDI (Himpunan Mahasiswa
Desain Interior)
- HIMDKV (Himpunan Mahasiswa
Design Komunikasi Visual)
- HIMJA (Himpunan Mahasiswa
Sastra Jepang)
- HIMKA (Himpunan Mahasiswa
Komputerisasi Akuntansi)
- HIMMARCOMM (Himpunan Mahasiswa
Marketing Communication)
- HIMMAT (Himpunan Mahasiswa
Matematika)
- HIMME (Himpunan Mahasiswa
Manajemen Ekonomi)
- HOME (Himpunan Mahasiswa Hotel
Management)
- HIMSI (Himpunan Mahasiswa
Sastra Inggris)
- HIMSISFO (Himpunan Mahasiswa
Sistem Informasi)
- HIMSTAT (Himpunan Mahasiswa
Statistik)
- HIMTEK
(Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer)
- HIMTES (Himpunan Mahasiswa
Teknik Sipil)
- HIMTI
(Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika)
- HIMTRI
(Himpunan Mahasiswa Teknik Industri)
Unit kegiatan
mahasiswa
Berikut ini
adalah daftar unit kegiatan mahasiswa yang ada di Universitas Bina Nusantara:
- UKM penalaran
- BNCC (Bina Nusantara Computer
Club)
- BNEC (Bina Nusantara English
Club)
Bina Nusantara English Club adalah suatu unit kegiatan mahasiswa yang berfokus pada kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Organisasi kemahasiswaan ini telah meraih sejumlah prestasi dan membuat Universitas Bina Nusantara mendapatkan rekor The Most People Doing Crosswords Simultaneously (jumlah terbanyak orang yang mengerjakan teka-teki silang secara bersamaan) pada 21 Februari 2010 yang tercatat pada Guinness World Records. - BNMC (Bina Nusantara Mandarin
Club)
- NC (Nippon Club)
- UKM olah raga
- BASIC (Bina Nusantara Swimming
Club)
- BNAC (Bina Nusantara Automotive
Club)
- BNSC (Bina Nusantara
Softball-Baseball Club)
- BNTC (Bina Nusantara Tennis
Club)
- Swanarapala (Mahasiswa Bina
Nusantara Pencinta Alam)
- Sepak bola
- Basketball
- Badminton
- Table Tennis
- Volleyball
- UKM bela diri
- Aikido
- Karate
- Merpati Putih
- Taekwondo
- Wushu
- UKM keagamaan
- Keluarga Mahasiswa Buddhis
Dhammavaddhana
- Keluarga Mahasiswa Hindu
- Keluarga Mahasiswa Katolik
- Keluarga Mahasiswa Kong Hu Cu
- Majelis Ta'lim Al-Khawarizmi
- Persekutuan Oikumene
- UKM kesenian
- Band
- Klifonara (Klub Seni Fotografi Bina Nusantara)
- Paramabira (Paduan Suara
Mahasiswa Bina Nusantara)
- ST-Manis (Seni Teater
Mahasiswa Bina Nusantara)
- Stamanara (Seni Tari Mahasiswa
Bina Nusantara)
- Information Media
- Binus TV
- BVoice
- Binus Radio
BAB III
A. XL Xplor
XL
XPLOR adalah sebuah tempat dan sarana edukasi pelanggan mengenai teknologi
layanan data terbaru dalam bentuk showcase dan live yang terlengkap, sehingga
merupakan pusat live experience pertama untuk teknologi
komunikasi terbaru yang ada di Indonesia. XL XPLOR yang berlokasi di Mal Central
Park, Jakarta, telah diresmikan oleh Direktur Service Management XL, Ongki
Kurniawan, pada hari Kamis, 14 Juni 2012. Bersamaan dengan acara tersebut,
Museum Rekor Indonesia (MURI) juga menetapkan XL sebagai “Provider Pertama yang
Memiliki Experience Center untuk Edukasi Teknologi
Komunikasi
B. Sejarah PT.XL Axiata
PT.XL Axiata di dirikan pada tahun 1999 dan
dimiliki oleh Axiata Group Berhad melalui perusahaan Indocel Holding Sdn Bhd
(66,7%) perusahaan ini adalah salah satu pemain selular terbesar di area Asia
pasifik. Perusahaan ini adalah penyedia selular terbesar di Timur
Tengah dan Afrika, dan sebanyak 20% saham dimiliki oleh publik secara terbuka.
XL memulai kegiatan komersialnya di tahun 1996.
C. Social Media
Sosial media adalah suatu media untuk interaksi sosial,
sebagai superset melampaui komunikasi sosial. Yang dimana diaktifkan dengan
teknik komunikasi ubiquitously diakses dan terukur, media sosial secara
substansial mengubah cara komunikasi antara organisasi, masyarakat, serta
individu. Adapun jenis-jenis dari media sosial. Andreas
Kaplan dan Michael
Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi
berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 ,
dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
D. Perkembangan Social Media
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai
berikut :
- 1978 Awal dari
penemuan Sistem papan buletin yang
memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun
mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan
saluran telepon yang terhubung dengaan modem
- 1995 Kelahiran
dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu
layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website
tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini
menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
- 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama
yaitu Sixdegree.com walaupun
sebenarnya pada tahun 1995 terdapat
situs Classmates.com yang juga
merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap
lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
- 1999 Muncul
situs untuk membuat blog pribadi,
yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat
halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa
memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi
pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak
berkembangnya sebuah Media sosial.
- 2002
Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming,
dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
- 2003
Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga
berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial
makin berkembang.
- 2003
Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam
menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user
friendly.
- 2004 Lahirnya Facebook, situs
jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu
situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
- 2006 Lahirnya Twitter, situs
jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari
Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140
karakter.
- 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan
bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini
diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan
seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu
maupun kelompok.
- 2011 Lahirnya Google+, google
meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal
peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh
google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
E. Dampak negatif
Sosial Media
·
Membuat
waktu terbuang sia-sia.
·
Menambah
beban pengeluaran.
·
Mengganggu
konsentrasi belajar.
·
Mengancam
keselamatan diri.
·
Mengancam
kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar