Rabu, 27 Februari 2013

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI


LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI


                                                                                        


                                                                                           



Oleh:
ANGGIE TRIAMSIH
Kompetensi Keahlian Multimedia
SMK Taruna Bhakti
JL. Raya Pekapuran Kel.Curug Kec.Cimanggis Kota Depok
Telp.(021) 8744810
Web site:http://www.smktarunabhakti.net


DAFTAR ISI
Lembar Motto…………………………………………………………………….3
Lembar Kata Pengantar…………………………………………………………...4
BAB I PENDHULUAN
A.    Manfaat Kunjungan Industri………………………………………………5
B.     Manfaat Dari Diadakannya Kunjungan Industri.........................................5
BAB II
A.    Sejarah Berdirinya Universitas Bina Nusantara........................................6
B.     Program Kuliah Universitas Bina Nusantara.............................................7
BAB III
A.    XL Xplor...................................................................................................11
B.     Sejarah XL Axiata....................................................................................11
C.     Sosial Media.............................................................................................11
D.    Perkembangan Sosial Media....................................................................12
E.     Dampak Negatif Sosial Media.................................................................13



MOTTO
Jangan pernah menyerah pada kesulitan yang terjadi pada hidup ini, karena di balik kesusahan pasti ada keberhasilan.
Jadilah diri sendiri dan jadikan suatu komentar sebagai motifasi diri untuk lebih baik dari sebelumnya.


KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas segala petunjuk dan Karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyusun Laporan Hasil Kunjungan Industiri.
 Tersusun laporan ini berdasarkan hasil Hasil Kunjungan Industri yang telah penulis laksanakan di XL Xplor dan Di Universitas Bina Nusantara Pada tanggal 22 February 2012.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penulis pada khususnya. Penulis menyadari bahwa laporan hasil prakerin ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan laporan ini.

                                                                                            Depok, 26 Februari 2013.




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Manfaat kunjungan industri
Manfaat yang dapat di peroleh dari di adakannya kunjungan industri adalah sebagai berikut:
1)      Agar dapat menjalin kerjasama antara pihak sekolah dan suatu perusahaan.
2)      Siswa menjadi tahu bagaimana dunia kerja di luar sana.

B.     Manfaat dari diadakannya Kunjungan Industri
1)      Menambah pengetahuan serta wawasan bagi para siswa/siswi SMK Taruna Bhakti.
2)      Menambah pengalaman bagi siswa/siswi SMK Taruna Bhakti.




BAB II
A.Sejarah Berdirinya Universitas Bina Nusantara.
Universitas Bina Nusantara pada awalnya berasal dari sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974.[2] Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan manajemen informatika dan teknik informatika. Tiga tahun kemudian pada 13 Juli 1984 ATK mendapatkan status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta. Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi. AMIK mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.
Berkat manajemen yang handal, komitmen pada pengembangan mutu pendidikan komputer, dan keberhasilan lulusannya disunia kerja, BINUS berhasil menjadi pusat pendidikan komputer terpercaya diIndonesia. Dengan dukungan akademisi berkualitas, BINUS bertransformasi menjadi BINUS UNIVERSITY.
        Pada tahun 2001, Bins University mendirikan Binus Internatioanl, perguruan tinggi nasional dengan kurikulum yang sejajar dengan pendidikan internasional.
        Pada tahun 2008, Binus University menghadirkan progam pascasarjana ilmu komputer. Saat ini, Universitas Bina Nusantara memiliki program pendidikan: Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Humaniora, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen (Sekolah Bisnis), dan Doktor Riset Manajemen.
1)      Visi Dn Misi Universitas Bina Nusantara
a)      Visi
A World-class University...
in continous pursuit of innovation and enterprise
b)      Misi
Contribute to the global community through the provision of world-class education by:
-Creating outstanding leaders for global community.
-improving the quality of life of Indonesians and the international community.



B.Program Kuliah
Universitas Bina Nusantara memiliki tiga jenis program kuliah, yaitu program reguler, internasional, dan secara daring
a)      Program kuliah reguler
Terdapat 3 tingkatan program kuliah reguler yang disediakan oleh Universitas Bina Nusantara yang terdiri atas tingkat sarjana, magister dan doktor.
b)     Tingkat sarjana
Universitas Bina Nusantara menawarkan perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda. Tingkat sarjana memiliki 3 fakultas dan 4 sekolah.
c)      Program kuliah satu gelar
  • Fakultas Ekonomi dan Komunikasi
    • Akuntansi
    • Keuangan
    • Manajemen Hotel (D4)
    • Komunikasi Pemasaran
  • Fakultas Teknik
    • Arsitektur
    • Teknik Sipil
    • Teknik Komputer
    • Teknik Industri
  • Sekolah Ilmu Komputer
    • Teknik Informatika
    • Teknologi dan Aplikasi Permainan
      (Game Application and Technology)
    • Teknologi dan Aplikasi Bergerak
      (Mobile Application and Technology)
  • Sekolah Desain
    • Desain Komunikasi Visual Animasi
    • Desain Komunikasi Visual Periklanan Kreatif
    • Desain Komunikasi Visual Media Baru
    • Desain Interior
  • Sekolah Sistem Informasi
    • Sistem Informasi
    • Komputerisasi Akuntansi
    • Sistem Informasi Audit
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen
    • Bisnis & Manajemen Internasional
    • Pemasaran Internasional
    • Manajemen
  • Fakultas Humaniora
    • Hukum Bisnis
    • Hubungan Internasional
    • Psikologi
    • Sastra Cina
    • Sastra Inggris
    • Sastra Jepang
d)     Program kuliah ganda
  • Teknik Informatika dan Matematika
  • Teknik Informatika dan Statistika
  • Teknik Industri dan Manajemen
  • Sistem Informasi dan Akuntansi
  • Sistem Informasi dan Manajemen
  • Sistem Informasi dan Teknik Industri

e)      Master Track Program
Binus University memiliki program akselerasi Master Track Program yang memungkinkan mahasiswa yang ingin langsung melanjutkan ke jenjang S2 untuk menyelesaikan pendidikann S1 dan S2 seklaigus dalam waktu 5 tahun.

f)       Binus Graduate Program
program pascasarjana di bidang ilmu computer yang menitikberatkan bobot perkuliahan pada bidang teknoligi informasi dengan diimbangi pembenntukan pola berfikir strategis dan analitis melalui komposisi meteri pembelajaran akademik, praktik, dan case based problem solving.


g)      Binus Business School
Diprogram ini mahasiswa dapat memilih program magister yang sesuia dengang minat dan pilihan karir mahasiswa seperti bisnis, manajemen, keuangan, dan marketing.

h)     Himpunan mahasiswa jurusan
Berikut ini adalah daftar himpunan mahasiswa jurusan yang ada di Universitas Bina Nusantara:
  • HIMPSIKO (Himpunan Mahasiswa Psikologi)
  • HIMA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi)
  • HIMANDA (Himpunan Mahasiswa Sastra Mandarin)
  • HIMARS (Himpunan Mahasiswa Arsitektur)
  • HIMDI (Himpunan Mahasiswa Desain Interior)
  • HIMDKV (Himpunan Mahasiswa Design Komunikasi Visual)
  • HIMJA (Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang)
  • HIMKA (Himpunan Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi)
  • HIMMARCOMM (Himpunan Mahasiswa Marketing Communication)
  • HIMMAT (Himpunan Mahasiswa Matematika)
  • HIMME (Himpunan Mahasiswa Manajemen Ekonomi)
  • HOME (Himpunan Mahasiswa Hotel Management)
  • HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris)
  • HIMSISFO (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi)
  • HIMSTAT (Himpunan Mahasiswa Statistik)
  • HIMTEK (Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer)
  • HIMTES (Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil)
  • HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika)
  • HIMTRI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri)
Unit kegiatan mahasiswa
Berikut ini adalah daftar unit kegiatan mahasiswa yang ada di Universitas Bina Nusantara:
  • UKM penalaran
    • BNCC (Bina Nusantara Computer Club)
    • BNEC (Bina Nusantara English Club)
      Bina Nusantara English Club adalah suatu unit kegiatan mahasiswa yang berfokus pada kegiatan pembelajaran
      bahasa Inggris. Organisasi kemahasiswaan ini telah meraih sejumlah prestasi dan membuat Universitas Bina Nusantara mendapatkan rekor The Most People Doing Crosswords Simultaneously (jumlah terbanyak orang yang mengerjakan teka-teki silang secara bersamaan) pada 21 Februari 2010 yang tercatat pada Guinness World Records.
    • BNMC (Bina Nusantara Mandarin Club)
    • NC (Nippon Club)

  • UKM olah raga
    • BASIC (Bina Nusantara Swimming Club)
    • BNAC (Bina Nusantara Automotive Club)
    • BNSC (Bina Nusantara Softball-Baseball Club)
    • BNTC (Bina Nusantara Tennis Club)
    • Swanarapala (Mahasiswa Bina Nusantara Pencinta Alam)
    • Sepak bola
    • Basketball
    • Badminton
    • Table Tennis
    • Volleyball
  • UKM bela diri
    • Aikido
    • Karate
    • Merpati Putih
    • Taekwondo
    • Wushu
  • UKM keagamaan
    • Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana
    • Keluarga Mahasiswa Hindu
    • Keluarga Mahasiswa Katolik
    • Keluarga Mahasiswa Kong Hu Cu
    • Majelis Ta'lim Al-Khawarizmi
    • Persekutuan Oikumene
  • UKM kesenian
    • Band
    • Klifonara (Klub Seni Fotografi Bina Nusantara)
    • Paramabira (Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara)
    • ST-Manis (Seni Teater Mahasiswa Bina Nusantara)
    • Stamanara (Seni Tari Mahasiswa Bina Nusantara)
  • Information Media
    • Binus TV
    • BVoice
    • Binus Radio
BAB III
A. XL Xplor
            XL XPLOR adalah sebuah tempat dan sarana edukasi pelanggan mengenai teknologi layanan data terbaru dalam bentuk showcase dan live yang terlengkap, sehingga merupakan pusat live experience pertama untuk teknologi komunikasi terbaru yang ada di Indonesia. XL XPLOR yang berlokasi di Mal Central Park, Jakarta, telah diresmikan oleh Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, pada hari Kamis, 14 Juni 2012. Bersamaan dengan acara tersebut, Museum Rekor Indonesia (MURI) juga menetapkan XL sebagai “Provider Pertama yang Memiliki Experience Center untuk Edukasi Teknologi Komunikasi
B. Sejarah PT.XL Axiata
 PT.XL Axiata di dirikan pada tahun 1999 dan dimiliki oleh Axiata Group Berhad melalui perusahaan Indocel Holding Sdn Bhd (66,7%) perusahaan ini adalah salah satu pemain selular terbesar di area Asia pasifik. Perusahaan ini adalah penyedia selular terbesar di Timur Tengah dan Afrika, dan sebanyak 20% saham dimiliki oleh publik secara terbuka. XL memulai kegiatan komersialnya di tahun 1996.
C. Social Media
Sosial media adalah suatu media untuk interaksi sosial, sebagai superset melampaui komunikasi sosial. Yang dimana diaktifkan dengan teknik komunikasi ubiquitously diakses dan terukur, media sosial secara substansial mengubah cara komunikasi antara organisasi, masyarakat, serta individu. Adapun jenis-jenis dari media sosial. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".





D. Perkembangan Social Media
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai berikut :
  • 1978 Awal dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem
  • 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
  • 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
  • 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
  • 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
  • 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  • 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
  • 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  • 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
  • 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.


E.  Dampak negatif Sosial Media
·         Membuat waktu terbuang sia-sia.
·         Menambah beban pengeluaran.
·         Mengganggu konsentrasi belajar.
·         Mengancam keselamatan diri.
·         Mengancam kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar