Sabtu, 27 April 2013

Spesifikasi Komputer



Spesifikasi Komputer
I.Pendahhuluan
Peralatan/komponen pada PC meliputi unit input, unit proses, dan unit output. Supaya computer dapat digunakan untuk mengolah data maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem computer. Tujuan pokok dari sistem computer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware (manusia yang terlibat didalam mengoperasikan system computer.) Dalam setiap hardware biasanya terdiri dari Mainboard/Motherboard, Processor, RAM, VGA, Hardisk,dan lain sebagainya. Dalam pemilihan computer spesifikasinya harus sesuai  dengan kebutuhan yang diperlukan oleh pengguna. Untuk mengetahui spesifikasi dari komponen-komponen tersebut maka dibawah ini akan dijabarkan mengenai komponen tersebut.
II.
1. 

Processor
Processsor adalah inti dari sebuah komputer. Dalam komponen inilah seluruh perhitungan matematis yang amat rumit dilakukan, kecepatan, kahandalan dan kompabilitas PC ditentukan oleh processornya.
Satuan untuk processor sendiri adalah Mhz (mega hertz) atau GHz (Giga Hertz). Ada beberapa produsen processor untuk PC, seperti Intel, AMD, Cyrix dan Winchip IDT. Menurut perkembangannya, processor sampai saat ini telah mencapai 7 generasi dan masih terus berkembang hingga saat ini. Dalam penempatannya (pemasangannya) processor ditempatkan pada suatu tempat yang namanya Soket, Soket sendiri bisa menunjukkan jenis/model/merekprocessor.
Spesifikasi: Tanggal peluncuran Q1’10, Nomor Processor:i3-540 Kecepatan clock:3.06GHz,Intergratedngrapich pada clock 650MHz/1020MHz Dynamic.


2.  Motherboard
Motherboard atau papan ibu dan biasa juga disbeut dengan “Mainboard” adalah komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah processor drive. Fungsi motherboard secara keseluruhan adalah tempat utama untuk memasang peripheral lain seperti Processor, Memoro, VGA Card, dan lain-lain. Sperti processor motherboard juga memiliki bebrapa produsen, diantaranya adalah: Intel, Asus, Iwill, Abit dan masih banyak lagi.
Motherboard terdiri dari beberapa komponen yaitu:
Soket Processor, berfungsi untuk menancapkan Processor ke motherboard.
Chipset, berfungsi untuk mengontrol motherboard secara keseluruhan.
Slot RAM, ada beberapa jenis slot RAM, diantaranya adalah DIP,30Pin,dan168Pin.
Slot Ekspansi, slot ini berfungsi untuk menempatkan peralatan tambahan yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara peralatan input dan output dengan motherboard misalnya untuk VGA Card, Modem,dll.
Port IDE, FDD Serial, dan Paralel, Port ini digunakan untuk pemasangan Hard disk (IDE port), Floppy Disk Drive (FDD) dan sarana komunikasi dengan perangkat lain (Serial Port) serta untuk pemasngan printer dan scanner (Paralel Port atau LPT Port).
Slot Power.
         
3.RAM(Random.Access.Memory)
   Ram merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang
isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak
memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik,
disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media
penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data
secara berurutan. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca,
berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory,
ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer
(memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan
mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat
menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan
penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang
berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM,
karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti
halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses
penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak
semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM.
Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori
utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM. Berikut ini adalah beberapa jenis RAM:
EDO (Extended Data Output) yang berkecepatan 60ns, maksimal bandwidth 264 MB/sec.
Synchronuos DRAM (SDRAM) jenis RAM ini memperbaiki dari EDO RAM yang kecepatan tertinggi 75 MHz, sedangkan SDRAM dibawa kekecepatan 100 MHz.
Rambus DRAM (RDRAM) dikembangkan oleh RAMBUS Inc. RDRAM ini memiliki jalur data yang sempit (8bit) tetapi kinerjanya tidak dapat diunngul oleh DRAM karena memiliki Memori Controller yang canggih.
Double Date Rate RAM (DDRAM) dikembangkan karena kebutuhan transmisi yang sangat tinngi.


 

















4.VGA (Video Grapich Adaptor)
VGA card berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah output berupa data ke monitor, agar dapat di tampilkan kelayar monitor. Peningkatan kualitas cpu secara keseluruhan juga bergantung pada jenis VGA card yang ada yang digunakan. Kartu VGa juga dapat digunakan ntuk menggambar/ design graphic ataupun untuk bermain game.




5.Hard Disk
Media penyimpanan dari Operating System dari computer. Fungi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC semakin cepat Hard disk bekerja maka semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.
hardisk.jpg
    






    

   6.Power Suply
Power Suply adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai tegangan langsung ke computer, power supply mengubah tegangan arus AC menjadi arus DC (arus searah).


6.CDROM
  Dengan CDROM besar data yang mampu dimasukkan menjadi berkali-kali lipat dibandingkan dengan Floppy. Jenis CDROM bergantung pada kecepatan putarnya misalkan CDROM 12x berarti kecepatan putaran 12x cepat dari floppy.


Master Dan Slave
Master bisa diartikan HardDisk yang memiliki posisi utama. Sedangkan slave bisa diartikan HardDisk yang memiliki posisi kedua.
Sebuah HardDisk yang memiliki master, umumnya HardDisk yang memiliki operating system atau harddisk yang berdiri sendiri(terdapat hanya satu harddisk). Dan sebuah harddisk yang memiliki slave adalah HardDisk kedua yang ditandem (bersatu dalam satu kabel data) dengan HardDisk master. Atau sebuah slave adalah optical drive yang ditandem dengan HardDisk master. Pada sebuah motherboard umumnya terdapat dua buah slot IDE. Slot IDE yang pertama disebut IDE 1 primary. Sedangkan slot/soket IDE yang kedua disebut Sekondary. Dengan 2 soket IDE tersebut, kita bisa memasang 4 buah Device yang berupa HardDisk dan CD/DVD (Optical Disk)
Penggunaan istilah Master dan Slave biasanya digunakan jika kita menggunakan dua buah harddisk atau lebih (SATA atau IDE) hardisk master maksudnya adalah harddisk utama/prioritas yang biasanya tempat OS (Operating System seperti:Windows XP,Vista dll) sedangkan Harddisk Slave maksudnya harddisk kedua atau seterusnya yang digunakan untuk menyimpan data.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar